Home / Dunia / Kapal Pembangkit Listrik Asal Turki Atasi Kekurangan Listrik di NTT

Kapal Pembangkit Listrik Asal Turki Atasi Kekurangan Listrik di NTT

742 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

TIMURNTT.COM,KUPANG-Dalam rangka mendukung program Indonesia Kerja, Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus melakukan inovasi mengenai ketersedian pasokan listrik untuk wilayah pulau Timor. Alhasil upaya mengatasi kekurangan listrik mulai terjawab dengan kehadiran  Kapal Listrik Karadeniz Powership Dogan Bey asal Turki berkekuatan 120 MW tiba di pelabuhan tenau kupang,  Jumat (16/12).

Richar Safkaur , General Manager (GM) PLN Wilayah NTT saat dikonfirmasi di Tenau Kupang mengatakan, kapasitas daya listrik yang disewa oleh pihak PLN diatas kapal tersebut sebesar 60 MW dari total daya yang tersedia diatas kapal sebesar 120 MW. Untuk diketahui bahwa kapal pembangkit listrik dikontak PLN selama lima tahun sebagai langkah untuk memastikan operasinya pembangkit listrik di Bolok.

Dengan kekuatan terebut PLN Perusahan Listrik Negara (PLN) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bias menerangi seluruh daratan Timor. “Dengan kapasitas itu kami bisa mensuplai listrik ke seluruh daratan timor,”

Lanjutnya Richart, saat ini jaringan PLN baru sampai ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTS). Dengan keberadaan kapal listrik tersebut PLN dapat menjangkau hingga ke kabupaten Belu NTT.

“Saat ini jaringan kami baru terkoneksi sampai di TTS tapi setelah terkoneksi dengan jaringan listrik yang ada diatas kapal maka bisa melayani kebutuhan listrik sampai ke Kabupaten Belu nantinya” Tambah Richard

Ditambahkannya, saat ini Kapal Listrik tersebut masih harus melalui pemeriksan administrasi oleh pihak syah Bandar pasalnya, kapal tesebut berasal dari luar Negeri. Setelah diperiksa lanjut dia, kapal tersebut akan berpindah ke pelabuhan bolok untuk dikoneksikan dengan jaringan Bolok dan selanjutnya dikoneksikan dengan sistem Kupang agar dapat melayani kebutuhan Listrik diseluruh wilayah Kota Kupang sampai ke TTS.

BACA JUGA  UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Flores Timur Kembangkan Pariwisata Alam Desa Boru Kedang

Dengan tambahan Kapasitas 60 MW itu maka saat ini telah terjadi surplus daya listrik di daratan Timor namun kata dia, Sampai saat ini pihak PLN wilah NTT belum berpikir untuk menjual ke Negara Timor Leste. “Ada surplus daya tapi kami belum berniat menjual ke Timor Leste,” tegasnya.

“Dengan pasokan listrik ini, kita sangat berharap banyak investor bisa datang di NTT, khususnya di pulau Timor, karena selama ini banyak investor tidak berani inves ke NTT karena terhambat masalah listrik. Sebaliknya dengan kebutuhan meteren listrik untuk rumah tangga menurut  rencananya tahun mendatang pihak PLN akan membuka pendaftaran Pemasangan baru  (dor)

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini