Home / Ekbis / 4.000 Petani Solor Terima Asuransi Sinar Mas Gratis

4.000 Petani Solor Terima Asuransi Sinar Mas Gratis

216 Kali dibaca
Michael Honi Kolin, Anggota DPRD Kabupaten Flotim, Julia Siti Utami, Kepala Divisi Agency Network Development, Siani Jontana, Areal Manager dan Konstantinus S. Tarung, Regional Manager-Kantor Wilayah V, Kepala Dinas Pertanian Flotim, Anton Wukak Sogen.

Bagikan Halaman ini

LARANTUKA, TIMURNTT.COM. Asuransi Sinar Mas melanjutkan literasi keuangan di Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur (Flotim) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Literasi keuangan itu dilakukan untuk mendukung kebijakan Otoritas Jasa Keuangan dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat akan keuangan. Sasaran literasi keuangan masih ditunjukan kepada petani, nelayan dan pengerajin tenun.

Literasi keuangan Asuransi Sinar Mas di Pulau Solor yang mencakup 3 wilayah kecamatan, yakni Solor Barat, Solor Timur dan Solor Selatan tersebut berlangsung di Balai Rakyat Desa Pamakayo, Kecamatan Solor Barat, Sabtu (23/12/2017).

Literasi keuangan yang difasilitasi Michael Honi Kolin, Anggota DPRD Kabupaten Flotim itu dibawahkan manajemen Asuransi Sinar Mas, yakni Julia Siti Utami, Kepala Divisi Agency Network Development, Siani Jontana, Areal Manager dan Konstantinus S. Tarung, Regional Manager-Kantor Wilayah V.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian Flotim, Anton Wukak Sogen mewakili Bupati Flotim, staf Dinas Koperasi dan UKM Flotim, para Kepala Desa se Pulau Solor, para petani, nelayan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se Pulau Solor, tokoh masyarakat dan tokoh muda setempat. Peserta disosialisakan mengenai perencanaan keuangan dan pengenalan asuransi sebagai salah satu cara untuk merencanakan keuangan.

Konstantinus S. Tarung, Regional Manager-Kantor Wilayah V mengatakan, pemilihan target lokasi literasi keuangan Asuransi Sinar Mas disesuaikan dengan arahan dari Otoritas Jasa Keuangan untuk menjangkau sasaran yang berada di luar pulau Jawa agar masyarakat memiliki pengetahuan mengenai keuangan lebih merata.

Tahun 2017, katanya, Asuaransi Sinar Mas melakukan literasi keuangan di Sumatera Utara, Papua (Merauke), Mataram dan di Pulau Solor sebagai penutup. “Peserta literasi selain mendapatkan pengetahuan, juga langsung mendapatkan perlindungan asuransi mikro-simas petani dan Asuransi Sinar Mas,” kata Konstantinus Tarung.

BACA JUGA  Polwan Di Flotim Bagi-Bagi Mawar Kepada Masyarakat

Konstantinus Tarung mengatakan, ada 4 ribuan petani, nelayan dan pengerajin yang menerima perlindungan Asuransi Sinar Mas Petani. Simas Petani merupakan produk asuransi mikro dan Asuransi Sinar Mas. Simas petani memberi perlindungan terhadap resiko kematian akibat kecelakaan yang dijamin oleh Polis dengan limit maksimal 17 juta, cacat tetap akibat kecelakaan maksimal Rp.17 juta serta santunan tunai harian akibat demam berdarah sebesar Rp 200 ribu per hari (maksimal 14 hari).

“Sesuai dengan karekteristik asuransi mikro,simas petani berbentuk kartu  asuransi yang dapat diaktivasi mengunakan sms atau melalui website sinarmas.co.id. Simas mikro juga dapat dibeli dengan harga terjangkau, yaitu Rp. 50 ribu untuk perlindungan satu tahun. Selain Simas petani, Asuransi Sinar Mas juga memiliki produk mikro lain yaitu Simas Siswa Mikro, Simas Sehat Mikro dan Simas Perlindungan,” katanya.

Fasilitator Kegiatan Literasi Keuangan Asuransi Sinar Mas di Pulau Solor, Michael Honi Kolin pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi pada Asuransi Sinar Mas yang bisa hadir melakukan literasi keuangan dan memberikan Asuransi Sinar Mas pada 4.000 orang petani, nelayan dan UMKM di Pulau Solor. “Asuransi Sinar Mas perlu pula melebarkan sayap di wilayah Kabupaten Flotim. Terima kasih banyak pada Asuransi Sinar Mas yang telah memilih Pulau Solor sebagai wilayah literasi keuangan,” katanya.

Disaksikan media ini, Sabtu (23/12) usai kegiatan literasi keuangan dan sosialisasi, manajemen Asuransi Sinar Mas menyerahkan secara simbolis Kartu Asuransi sebanyak 170 orang. Sedang sisanya, sebanyak 3.800 orang sedang dalam proses pendataan oleh tim dan selanjutanya akan diserahkan oleh manajemen Asuransi Sinar Mas pada Januari 2018. (*/DOR).

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini