Home / Flores & Lembata / Hadir Membuka Kegiatan MTQ, Wakil Bupati Flotim Sumbang Gajinya Untuk Panitia

Hadir Membuka Kegiatan MTQ, Wakil Bupati Flotim Sumbang Gajinya Untuk Panitia

238 Kali dibaca
Foto : Wakil Bupati saat Membuka Kegiatan MTQ di kecamatan Solor Timur(ist)

Bagikan Halaman ini

TIMURNTT.COM.SOLOR. Wakil Bupati Flores  Timur, Agustinus Payong Boli membuka perlombaan  Musabaqah Tilwatil Qurant (MTQ)  tingkat kabupaten Flotim yg ke 27  yang diikuti oleh 12 Kecamatan, terjadi di Desa Motonwutun Lamakera, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Selasa (3/4/2018).

Agus Boli dalam sambutan ketika membuka kegiatan perlombaan MTQ menjelaskan bahwa, Kitab Suci Al-Qur’an berisi tentang nilai-nilai Iman Wahyu Allah,  yang menjadi petunjuk dan pedomaan hidup kaum muslimin muslimat. Hal ini mengandung  pengetahuan berupa kisah-kisah sejarah, falsafah hidup,kemuliaan dan  keteladanan serta pesan moral luhur dan sangat agung.

“Pemahaman yg utuh terhadap Nilai-nilai universal dr Al Qur’an, menjadi pancaran harapan dan kedamaian kepada pihak lain untuk membangun tatanan dunia yang adil dan  bermartabat,  berasaskan nilai KeTuhanan serta nilai kemanusiaan universal, ungkap Agustinus.

Hal yang paling hakiki dari kegiatan MTQ ini, bukan soal mencari siapa juara lomba baca Al Qur’an, tetapi lebih dari  itu menjadi ajang mengajak orang muda untuk mendalami Al Quran demi memperkokoh iman, agar jauh dari kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif. Karena dengan aspek ini, secara langsung mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Flores Timur “Selamatkan orang muda.

MTQ bukan ajang mencari juara, tetapi sesungguhnya hal ini menjadikan spirit bersama membangun toleransi, solidaritas dan kebersamaan di muka bumi, terkhusus di  Kabupaten Flores Timur, tegasnya.

Lebih lanjut, Wakil bupati dalam sambutan menyampikan bahwa, dengan kegiatan MTQ ini, secara nyata kita mengabarkan kepada dunia bahwa, Islam adalah pembawa kedamaian, cinta,  keadilan dan tidak ada kekerasan serta Islam menjunjung tinggi persatuan dan kebersamaan. Dimana wujud sinergitas nilai- nilai  agama menjadi satu kekuatan yang utuh untuk membangun bangsa serta Lewotana Flores Timur.

BACA JUGA  Masyarakat Kota Kupang Butuh Air, Bukan Janji Beli Mobil Tanki

“Mari kita bersama menjaga toleransi di Indonesi terkhususnya di Kabupaten Flores Timur, karena  tite semua ata lamaholot, tite ata kaka noong aring. Kita orang lamholot harus menjaga tolerani, karena kita adalah kakak dan adik), ungkap Agus.

Karena toleransi Di Lewotana Flores Timur adalah tanggungjawab kita bersama, sekalipun kita berbeda agama, suku, ras  dan golongan. Namun ditana Lamaholot kita adalah satu, “Nuba Nara”Lamaholot. Nuba Nara Lamaholot mengajak kita bersatu bangun Flores Timur.  Nilai –nilai yang terkandung dalam  Pancasila menjadi pedomaan kebergaman kita. Prinsip Pancasila telah hadir di bumi lamaholot dari pendahulu yakni “Nobo Lema”.

Sila Pertama, KeTuhanan yg Maha Esa selaras dengan NoboToun, Tuhan Rera Wulan Ina Guna Tana Ekan. Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab Selaras dgn Nobo Ruhan, Kakan keru arin baki. Sila ketiga, Persatuan Indonesia selaras dgn Nobo Telhon, Puin taan uin gahan taan kahan.Sila ke empat, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat  Kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan,  selaras dgn Nobo Pat, Pupu hugu tobo baun hama2 tutu marin umenglamamak lewotana naen. Sila kelima, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia selaras dgn Nobo Lemha, Tekan tabe gike hukut tenu tabe lobo luan.

Sebelum acara dimulai, Panitia MTQ melaporkan kekurangan dana sebesar Rp.121 juta. Mendengar laporan panitia tersebut, Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli langsung memandu kegiatan untuk menggalang dana untuk membantu kekurangan dari panitia MTQ. Dan dari hasil amal tersebut, dana yang terkumpul sebanyak Rp. 27 juta Rupiah.

Menurut Agus, beramal untuk kegiatan seperti ini, tidak berarti kita jatuh miskin, karena dengan beramal secara langsung kita membantu sesama serta merasakan solidaritas secara nyata untuk sesama yang mengalami kekurangan. Dari panggung utama, Agustinus Payong Boli juga menyampikan bahwa dirinya akan  memberikan semua gajinya untuk bulan april 2018  akan diamalkan untuk membantu panitia MTQ sebanyak RP.  5 juta

BACA JUGA  Anggota DPRD NTT Kunjungi Redaksi SKH Flores Pos

“Beramal tidak membuat kita miskin, tetapi dengan beramal kepada sesama yang mengalami kekurangan akan menjadi berkah tersendiri. Gaji saya untuk bulan april sebesar Rp. 5 juta Rupiah akan saya berikan kepada panitia MTQ, ungkapnya.

Hadir saat mengikuti pembukaan kegiatan MTQ , Ketua MUI, Kepala Depag, Kapolres Flotim, Anggota Dewan, para camat, seluruh kades di Pulau Solor. (*DOR)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini