Home / Ekbis / Rekrutmen Pegawai Baru, Energi Baru Untuk NTT dan Indonesia

Rekrutmen Pegawai Baru, Energi Baru Untuk NTT dan Indonesia

103 Kali dibaca
Foto : Rekrutmen Pegawai dengan dukungan aplikasi berbasis web

Bagikan Halaman ini

TIMURNTT.COM.KUPANG.- Sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di PLN Wilayah NTT,  untuk ketiga kalinya kembali PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur melakukan kerjasama dengan PNK (Politeknik Negeri Kupang) melalui Program DIII Kerjasama PLN – PNK Tahun 2018 Yang merupakan penugasan dari PT PLN (Persero) Kantor Pusat yang mempunyai kewenangan dalam rekrutmen S1/D3.  Hal ini dilakukan sebagai bentuk sinergi PLN dan Perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas SDM demi membangun dan memperkuat kelistrikan di Wilayah Nusa Tenggara Timur.

Hari ini (4/8) sedang berlangsung Tes untuk tahapan ketiga tahun 2018 yaitu Tes Kesehatan Fisik dan Lab di Laboratorium Kimia Farma , Oeba, Kupang yang diikuti oleh 62 peserta dari 325 peserta yang mendaftar dan terseleksi administrasi. Dari dua tahapan sebelumnya, kelas kerjasama ini sudah terjalin tahun 2016 dimana tahapan pertama sebanyak 29 orang, lalu tahapan kedua Tahun 2017 sebanyak 16 orang yang sekarang dua tahapan tersebut sebanyak 45 orang sedang mengikuti dunia perkuliahan.

General Manajer PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur Christyono mengatakan, “Penyelenggaraan kelas kerjasama PLN dengan Program Pendidikan Diploma Tiga Kerjasama (D3K) harus saling bersinergi,  bagi PLN merupakan upaya rekrutmen dini sedangkan bagi Politeknik Negeri Kupang tentu diharapkan akan menambah manfaat karena lulusan Program D3K ini mempunyai peluang besar untuk menjadi pegawai PLN dan disisi lain juga kita berdayakan putra – putri daerah yang akan dididik menjadi tenaga-tenaga yang berkualitas dan handal untuk PLN hari ini dan masa depan”ungkap Chris

Tes Fisik dan Kesehatan hari ini meliputi pemeriksaan fisik yang bersih dari tato, tidak ada tindik telinga untuk laki-laki, pengukuran tinggi dan berat badan yang ideal, lalu dilanjutkan dengan tes lab yaitu tes darah, air seni, jantung, mata,  telinga, dan lainnya. Setelah lulus Tes Fisik dan Kesehatan akan ada tes wawancara dan kemudian mengikuti perkuliahan dengan Kululusan yang dipersyaratkan minimal IPK 2,75 dan setelah lulus kuliah akan dilakukan tes kesehatan kembali kedua kalinya.

BACA JUGA  Masyarakat Kota Kupang Butuh Air, Bukan Janji Beli Mobil Tanki

“Guna dari Tes PLN ini , kami butuh putra- putri daerah yang siap dan sehat jasmani dalam artinya siap bekerja dan memiliki kompetensi cukup sebagai Pegawai PLN dan program kerja sama ini dilaksanakan guna mendukung kinerja PLN NTT yang sedang gencar menyelesaikan program percepatan melistriki desa untuk wujudkan NTT 100% Desa Berlistrik” tambah Chris

Selain melakukan rekrutmen dengan Model Direct Shopping, Kelas Kerjasama maupun pada pekan expo rekrutmen, PLN juga berkomitmen meningkatkan kompetensi pegawai eksisting yaitu melalui sertifikasi kompetensi yang diuji Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini juga akan berlaku bagi para calon pegawai PLN yang saat ini direkrut. Dalam setiap Proses Rekrutmen ini PLN tidak pernah memungut biaya apapun dan PLN menghimbau masyarakat agar terhindar dari penipuan setiap informasi rekrutmen dapat dilihat pada www.pln.co.id. Selain itu, untuk di NTT sendiri, PLN akan terus mengupdate di media sosial resmi seperti Facebook PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur dan Instagram @pln_ntt.

Lanjut Chris, “Saat ini jalur resmi PLN hanya lewat satu yaitu melalui website *rekrutmen.pln.co.id* , dengan sistem rekrutmen dan dukungan aplikasi berbasis web ini memudahkan para pelamar kerja dari segi jarak dan waktu sehingga mereka tidak diharuskan datang ke lokasi rekrutmen untuk mendaftar dan menyerahkan berkas lamaran. Cukup dengan mengunggah berkas lamaran yang diperlukan ke rekrutmen.pln.co.id, mereka sudah menjadi member online aplikasi rekrutmen PLN. Adapun berkas yang perlu disiapkan adalah scan atau soft copy KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran, dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS).” Tambah Chris

Sembari menunggu tes , PLN juga mengenalkan aplikasi PLN Mobile yang   Membuat Pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi Dari fitur-fitur seperti mengecek tagihan dan riwayat token, pemasangan  baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan lainnya.

BACA JUGA  Besok Gubernur NTT Lantik Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur Dan Lembata

“Dengan Rekrutmen D3 Kerjasama di Kupang juga memudahkan Putra- Putri daerah terbaik di NTT yang bertamatan SMU IPA dan SMK jurusan Listrik untuk lanjut kuliah dan mendaftarkan diri pada Program Kerjasama PLN – PNK dan bagi adik- adik yang sekarang menjalankan tes, Diharapkan peserta serius menjalankan tes dan perkuliahan nantinya di kelas kerjasama ini serta mempunyai jiwa melayani kelistrikan masyarakat, mengabdikan diri pada BUMN khususnya PLN di NTT agar dengan sistem kelistrikan yang surplus dan Handal dapat mendatangkan investor ke NTT dan NTT semakin maju nantinya.”tutup Chris (**Dor)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini