Home / Flores & Lembata / IWAPI Flotim Kunjung Perdana Di Lewograran Solor Selatan

IWAPI Flotim Kunjung Perdana Di Lewograran Solor Selatan

411 Kali dibaca
Foto : IWAPI Flotim bersama Kepala Desa Lewograran dan Kelompok Tenun Ikat.

Bagikan Halaman ini

TIMURNTT.COM.LARANTUKA. Ikatan Wanita Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Kabupaten Flores Timur pasca dilantik tanggal  22 /9/18 langsung kembangkan semangat  visi dan misi di pulau Solor tepatnya di Desa Lewograran, Solor Selatan.  Semangat Iwapi yang dinahkodai oleh Siti Rugaya membuktikan kehadiran mereka  sebagai keberpihakan kepada kaum wanita untuk menumbuhkan kesejahteraan dalam keluarga. Dimana nilai perjuangan kaum wanita sangat memberi arti  dalam merubah  diri menjadi wanita yang sukses.

Hampir disemua wilayah Kabupaten Folres Timur menggeluti usaha tenun ikat, namun sayang usaha tersebut terkendala dengan persoalan penjualan serta fasilitas penunjang dalam menghasilkan selembar kain. Melihat fenomena tersebut, IWAPI Flores Timur siap bekerjasama dengan seluruh kelompok tenun ikat untuk membantu memasarkan hasil usaha tersebut.

Siti Rugaya dalam sambutannya di desa Lewograran, Kamis, 11 Oktober 2018 menjelaskan bahwa, kehadiran Iwapi sebagai wadah kekuatan wanita dalam menopang sumber perekonomian bagi keluarga. Dengan kegiatan tenun ikat, kiranya memupuk minat dan kecintaan  serta mewariskan karya yang telah diwariskan pendahulu. Tenun ikat harus tetap dipertahankan dan sebagai generasi muda selayaknya kita memberikan apresiasi terhadap para leluhur yang telah meletakan kekuatan budaya dalam tenun ikat. “Semangat dari kaum wanita solor patut mendapatkan apreasi asi dari kita semua, karena hanya dengan semangat yang mereka miliki, tangan-tangan terampil bisa menciptakan lembaran tenun  untuk menopang perekonomian, jelas Rugaya

Disisi lain, sebagai kaum perempuan menenun adalah mewariskan kehidupan bagi banyak orang. Kenapa harus demikian? Karena untuk mendapatkan selembar tenun yang indah, dibutuhkan keterampilan, kemauan, semangat serta tidak gampang putus asa. Oleh karena itu kehadiran IWAPI siap mendukung usaha yang telah dan sedang dilakukan oleh kaum perempuan sehingga secara langsung membuktikan bahwa kaum perempuanpun bisa.

BACA JUGA  Kasi Intel Kejari Flotim : Telaan PPK Bidang Jasa dan Marga Dinas PU dan Penataan Ruang Dinilai Sangat Tepat

“Peran kaum wanita tersendiri dapat membuat kaum wanita lebih kuat tangguh serta berdikari dalam menjalankan tugasnya dalam mensiasati ekenomi rumah tangga merupakan hal yang luar biasa dan patut mendapatkan apresiasi dari kita semua. ‘Iwapi siap mambantu pemasaran, tegas Rugaya.

Sementara itu Kepala Desa Lewograran, Bonefasius Belang dalam sambutanya  menyampaikan terimkasih atas kehadiran IWAPI. Dimana organisasi yang baru hadir di Flores Timur sudah menunjukan keberihakan kepada kaum wanita dan pulau solor menjadi kunjungan perdana pasca dilantik 22/9/18. Dengan kunjungan perdana di Pulau Solor, kiranya IWAPI menjadi angin segar bagi kelompok tenun ikat dalam menciptakan lembaran kain tenun dalam jumlah lebih besar.

“Saya menyampaikan terimakasih atas kunjungan IWAPI Flotim, dengan demikian menjadikan motivasi bagi kelompok tenun yang ada di desa Lewograran karena IWAPI siap membantu memasarkan ,jelas Boni Belang. Hadir pada kesempatan tersebut, Anggota IWAPI Flotim, Maria Monika Fernadez, Florida Yunita, Sesilia Beatrix Amuntoda, Yeyen Andriani Norman, Pendamping Desa dan Kelompok Tenun Ikat. (dor)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini