Home / Flores & Lembata / Mimpi IWAPI Flotim Pasarkan Kain Tenun

Mimpi IWAPI Flotim Pasarkan Kain Tenun

114 Kali dibaca
Foto : Suasana saat kelompok Tenun ikat dan IWAPI Flotim

Bagikan Halaman ini

TIMURNTT.COM.SOLOR– Usia  bukan jadi penghalang bagi wanita solor dalam merangkai ribuan benang menjadi lembaran kain tenun. Semangat mereka terlihat jelas membungkus usia yang  telah menapaki usia hingga  enam puluh tahun lebih, mereka tak perduli demi sebuah kebanggan akan warisan leluhur. Semangat  juang menjadi nilai yang sangat berarti bagi kaum muda dalam meneruskan budaya tenun sebagai budaya kehidupan orang lamaholot.

Melihat dari dekat kehidupan masyarakat Lewograran, IWAPI Flotim termotivasi akan semangat  orang tua yang mengajarkan  kesabaran dalam menghasilkan lembaran Nowing (Kain tenun untuk laki-laki) dan Kremo (kain tenun untuk wanita). Demi mewariskan kehidupan mulia tersebut, IWAPI Flotim kembali mengajak kaum muda untuk bersama menuruskan perjuangan, mempertahankan dan mengembangkan

Sesuatu yang luar bisa yang dapat memberikan contoh bagi generasi muda untuk menekuni diri sebagai seorang penenun yang hebat dikemudian harinya. Dengan keterbatasan modal dan peralatan namun semangat mereka yang pantang menyerah demi menghasilkan lembaran kain tenun untuk memenuhi perekonomian menjadi contoh buat genersi berikut.

“Meskipun usia mereka tidak begitu produktif lagi, namun semangat  mereka yang patut ditiru oleh generasi muda. “Kita perlu menginspirasi mereka, karena tidak semua orang melakukan hal seperti itu, jelas Rugaya 11 Oktober 2018 kepada wartawan.

Untuk membantu perajin tenun ikat, Iwapi Flotim mempunyai mimpi besar yang harus kita sama-sama dukung, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat peduli budaya. Dimana IWAPI Flotim akan membangun sebuah galeri untuk menampung aneka ragam kerajinan masyarakat Flotim untuk dipasarkan. Pemasaran akan kerajinan masyarakat Flores Timur adalah tanggungjawab bersama serta rasa kepedulian akan memiliki budaya Flores Timur.(dor)

Komentar Anda?

BACA JUGA  Ayo Bangun NTT Dengan Pesona Nusa Kenari

Tags :

Bagikan Halaman ini